7 Cara Agar Kamu berhenti dari Menunda Tugas
Menunda pekerjaan dan bilang, “Nanti aja deh…. masih lama waktunya” memang kegiatan
yang paling menyenangkan. Ada rasa nyaman waktu tahu kita bisa
memundurkan beberapa tenggat waktu pekerjaan. Walaupun nantinya mengakibatkan graduk-gruduk
karena harus beres dalam waktu singkat ketika tiba-tiba deathline tiba, kebiasaan akan ini terus terulang.
Yuk hilangkan kebiasaan buruk ini, dengan 7 hal dibawah ini...
1. Hilangkan kebiasaan menunda-nunda
Saat sedang merencanakan sesuatu, kamu yang penunda akan merasa senang ketika berhasil membuat perencanaan yang oke. Ada perasaan bahagia dan puas ketika melihat to do lists tertulis panjang. Nah, sebenarnya kalau mau menghilangkan kebiasaan menunda / berencana lama-lama tidak lagi boleh kamu lakukan.
Rencana yang terlalu apik dan panjang hanya akan membuatmu malas mengerjakannya. Jika ada sesuatu yang ingin kamu capai, langsung kerjakan saat itu juga.
2. Catat beberapa hal rinci tugas-tugasmu
Ketika kamu bekerja di depan laptop maka akan sering tergoda membuka Facebook, Twitter, Youtube dan berbagai macam web penuh godaan lainnya. Nah, sebelum memulai melakukan pekerjaanmu coba deh tuliskan secara rinci apa yang ingin kamu capai hari itu. Kalau perlu sampai ke jam dan waktu deadlinenya.
Sadar atau tidak, menggerakkan tangan dan menuliskan hal yang ingin kamu capai akan merangsang semangat dalam dirimu untuk fokus bekerja.
3. Hiraukan kewajiban hasil sempurna
Sering kali kita menunda pekerjaan dengan alasan takut akan hasil yang tidak sempurna. Kita lebih memilih memandangi layar kosong lama-lama, berharap dapat inspirasi yang bisa menghasilkan karya oke yang dikagumi banyak orang. Hasilnya? Pekerjaan yang selesai dalam waktu melewati deadline atau tidak terselesaikan sama sekali.
Cara paling gampang menyelesaikan suatu pekerjaan adalah dengan memulainya. Lupakan keharusan untuk membuatnya sempurna. Karena kalau nggak dimulai sekarang ya nggak akan ada progress-nya!
4. Gunakan sistem fokus 14 90, yaitu 14 menit fokus – 90 detik istirahat
5. Ketika merasa tugas rumit, pecah kebeberapa bagian
Jika kamu merasa tugasmu terlalu sulit atau rumit, ada baiknya kamu memecah tugas tersebut ke dalam bagian-bagian kecil. Semisal nih, kamu harus membuat paper soal perkembangan agama di Inggris.
Kalau kamu merasa tugas itu sangat berat, coba pecah ke beberapa bagian seperti contoh: cari data, membuat pendahuluan, menjelaskan perkembangan agama di Inggris, menulis analisis. Cara ini akan membuatmu punya pandangan yang lebih jelas soal hal apa saja yang harus dilakukan. Tugas yang harus kamu kerjakan jadi tidak terlalu menakutkan lagi, deh.
6. Buatlah Tugas sebagai prioritas
Menurut Jim Stone,seorang penulis buku mengenai produktivitas, penyebab paling umum dari kebiasaan menunda pekerjaan adalah absennya tujuan yang jelas dari aktivitas seseorang. Dia tidak tahu apa yang akan dan mampu dihasilkan dari pekerjaan yang sedang dilakukannya, serta apa dampak dari pekerjaan tersebut untuk orang lain.
Kebingungan macam ini akan membuat orang malas untuk memulai sebuah tugas. Untuk menanggulanginya, biasakan untuk membuat prioritas dari pekerjaan yang harus kamu selesaikan pada hari itu. Urutkan dari yang paling sulit atau paling penting. Kemudian, mulailah dari tugas yang berada di urutan prioritas teratas. Dengan cara ini, kamu akan lebih punya motivasi untuk menyelesaikan tugas.
Saran lain datang dari Tim Ferris. Dalam laman pribadinya dia menyarankan agar setiap orang membuat daftar pekerjaan yang mencantumkan 1 tugas yang HARUS diselesaikan dalam hari tersebut. Kepuasan saat berhasil menyelesaikan sebuah tugas akan membuatmu punya semangat untuk melanjutkan ke tugas lainnya.
7. Bila sudah kelelahan istirahatlah
Ketika kamu sudah mulai lelah ditambah melihat tugas yang tak kunjung kelar yang justru tambah pusing, maka lebih baik kamu istirahatlah sejenak beberapa jam jangan lupa hidupkan alarm agar gak keterusan tidurnya. dan nanti ketika bangun pasti akan mendapat inspirasi baru.
Yuk hilangkan kebiasaan buruk ini, dengan 7 hal dibawah ini...
1. Hilangkan kebiasaan menunda-nunda
Saat sedang merencanakan sesuatu, kamu yang penunda akan merasa senang ketika berhasil membuat perencanaan yang oke. Ada perasaan bahagia dan puas ketika melihat to do lists tertulis panjang. Nah, sebenarnya kalau mau menghilangkan kebiasaan menunda / berencana lama-lama tidak lagi boleh kamu lakukan.
Rencana yang terlalu apik dan panjang hanya akan membuatmu malas mengerjakannya. Jika ada sesuatu yang ingin kamu capai, langsung kerjakan saat itu juga.
2. Catat beberapa hal rinci tugas-tugasmu
Ketika kamu bekerja di depan laptop maka akan sering tergoda membuka Facebook, Twitter, Youtube dan berbagai macam web penuh godaan lainnya. Nah, sebelum memulai melakukan pekerjaanmu coba deh tuliskan secara rinci apa yang ingin kamu capai hari itu. Kalau perlu sampai ke jam dan waktu deadlinenya.
Sadar atau tidak, menggerakkan tangan dan menuliskan hal yang ingin kamu capai akan merangsang semangat dalam dirimu untuk fokus bekerja.
3. Hiraukan kewajiban hasil sempurna
Sering kali kita menunda pekerjaan dengan alasan takut akan hasil yang tidak sempurna. Kita lebih memilih memandangi layar kosong lama-lama, berharap dapat inspirasi yang bisa menghasilkan karya oke yang dikagumi banyak orang. Hasilnya? Pekerjaan yang selesai dalam waktu melewati deadline atau tidak terselesaikan sama sekali.
Cara paling gampang menyelesaikan suatu pekerjaan adalah dengan memulainya. Lupakan keharusan untuk membuatnya sempurna. Karena kalau nggak dimulai sekarang ya nggak akan ada progress-nya!
4. Gunakan sistem fokus 14 90, yaitu 14 menit fokus – 90 detik istirahat
Procrastinator paling suka waktu-waktu ‘kosong’ yang bisa
digunakan sebagai momen untuk memikirkan atau melakukan hal-hal yang
kurang penting. Karena ini penting bagimu berusaha sefokus mungkin dalam
melakukan sesuatu.
Salah satu cara yang bisa dicoba adalah mengunakan sistem fokus 14-90. Biarkan dirimu benar-benar fokus pada pekerjaan selama 14 menit, lalu gunakan 90 detik waktu sisanya untuk bebas melakukan hal yang kamu suka.
Salah satu cara yang bisa dicoba adalah mengunakan sistem fokus 14-90. Biarkan dirimu benar-benar fokus pada pekerjaan selama 14 menit, lalu gunakan 90 detik waktu sisanya untuk bebas melakukan hal yang kamu suka.
5. Ketika merasa tugas rumit, pecah kebeberapa bagian
Jika kamu merasa tugasmu terlalu sulit atau rumit, ada baiknya kamu memecah tugas tersebut ke dalam bagian-bagian kecil. Semisal nih, kamu harus membuat paper soal perkembangan agama di Inggris.
Kalau kamu merasa tugas itu sangat berat, coba pecah ke beberapa bagian seperti contoh: cari data, membuat pendahuluan, menjelaskan perkembangan agama di Inggris, menulis analisis. Cara ini akan membuatmu punya pandangan yang lebih jelas soal hal apa saja yang harus dilakukan. Tugas yang harus kamu kerjakan jadi tidak terlalu menakutkan lagi, deh.
6. Buatlah Tugas sebagai prioritas
Menurut Jim Stone,seorang penulis buku mengenai produktivitas, penyebab paling umum dari kebiasaan menunda pekerjaan adalah absennya tujuan yang jelas dari aktivitas seseorang. Dia tidak tahu apa yang akan dan mampu dihasilkan dari pekerjaan yang sedang dilakukannya, serta apa dampak dari pekerjaan tersebut untuk orang lain.
Kebingungan macam ini akan membuat orang malas untuk memulai sebuah tugas. Untuk menanggulanginya, biasakan untuk membuat prioritas dari pekerjaan yang harus kamu selesaikan pada hari itu. Urutkan dari yang paling sulit atau paling penting. Kemudian, mulailah dari tugas yang berada di urutan prioritas teratas. Dengan cara ini, kamu akan lebih punya motivasi untuk menyelesaikan tugas.
Saran lain datang dari Tim Ferris. Dalam laman pribadinya dia menyarankan agar setiap orang membuat daftar pekerjaan yang mencantumkan 1 tugas yang HARUS diselesaikan dalam hari tersebut. Kepuasan saat berhasil menyelesaikan sebuah tugas akan membuatmu punya semangat untuk melanjutkan ke tugas lainnya.
7. Bila sudah kelelahan istirahatlah
Ketika kamu sudah mulai lelah ditambah melihat tugas yang tak kunjung kelar yang justru tambah pusing, maka lebih baik kamu istirahatlah sejenak beberapa jam jangan lupa hidupkan alarm agar gak keterusan tidurnya. dan nanti ketika bangun pasti akan mendapat inspirasi baru.
referensi: hipwee.com
Kebiasaan anak muda saat disuruh buat tugas selalu menunda. Tips yang bagus.
BalasHapus